Menjelajahi Indahnya Kebersamaan: Contoh Soal dan Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4

Menjelajahi Indahnya Kebersamaan: Contoh Soal dan Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4

Menjelajahi Indahnya Kebersamaan: Contoh Soal dan Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4

Halo, para siswa hebat kelas 4, orang tua, dan guru di seluruh Indonesia! Selamat datang di artikel yang akan membantu kita semua memahami lebih dalam materi Tema 1: "Indahnya Kebersamaan". Tema ini merupakan fondasi penting untuk menanamkan nilai-nilai toleransi, persatuan, dan penghargaan terhadap keragaman budaya yang kaya di negeri kita. Melalui tema ini, kita diajak untuk melihat dan merasakan betapa indahnya hidup berdampingan dalam perbedaan.

Pembelajaran Tematik Terpadu seperti ini dirancang untuk membuat belajar menjadi lebih menyenangkan dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Berbagai mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), dan Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) diintegrasikan dalam satu tema besar.

Artikel ini akan menyajikan contoh-contoh soal untuk setiap mata pelajaran yang tercakup dalam Tema 1 Kelas 4, lengkap dengan kunci jawabannya. Tujuannya adalah untuk membantu siswa menguji pemahaman mereka, memberikan gambaran kepada orang tua tentang materi yang diajarkan, dan menjadi referensi bagi para guru dalam menyusun soal evaluasi. Mari kita mulai petualangan belajar kita!

Menjelajahi Indahnya Kebersamaan: Contoh Soal dan Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4

A. Soal Bahasa Indonesia

Materi Pokok: Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks lisan atau tulis, serta menyajikan ringkasan.

Bacaan untuk Soal Nomor 1-5:

Festival Budaya Nusantara

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Setiap daerah memiliki keunikan tersendiri, mulai dari tarian, pakaian adat, hingga makanan tradisional. Untuk merayakan kekayaan ini, warga di Desa Sukamaju mengadakan "Festival Budaya Nusantara" setiap tahunnya. Festival ini selalu ramai dikunjungi warga, baik dari dalam desa maupun dari desa-desa tetangga.

Pada hari pertama festival, terlihat panggung utama dihiasi dengan berbagai ornamen daerah. Beberapa kelompok tari menampilkan tarian daerah dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga Papua. Penonton terpukau melihat gerakan gemulai penari Jaipong dan semangat penari Saman. Suara alat musik tradisional seperti gamelan dan angklung berpadu indah mengiringi setiap penampilan.

Hari kedua, giliran pameran pakaian adat dan kuliner tradisional yang menjadi primadona. Para pengunjung dapat mencoba berbagai pakaian adat dari Sabang sampai Merauke. Aroma sate padang, rendang, dan pempek Palembang menyeruak, menggoda selera para pengunjung untuk mencicipi. Festival ini bukan hanya ajang hiburan, tetapi juga sarana edukasi untuk lebih mengenal dan mencintai budaya bangsa.

Pilihan Ganda:

  1. Apa gagasan pokok dari paragraf pertama teks di atas?
    a. Indonesia memiliki banyak tarian daerah.
    b. Desa Sukamaju mengadakan Festival Budaya Nusantara.
    c. Keunikan setiap daerah di Indonesia.
    d. Festival budaya selalu ramai.

  2. Berikut ini yang merupakan gagasan pendukung dari paragraf kedua adalah…
    a. Panggung utama dihiasi ornamen daerah.
    b. Festival budaya adalah ajang edukasi.
    c. Aroma makanan tradisional menggoda selera.
    d. Indonesia kaya akan budaya.

  3. Makna kata "primadona" pada paragraf ketiga adalah…
    a. Yang paling diminati atau menjadi daya tarik utama.
    b. Yang paling murah harganya.
    c. Yang paling mudah ditemukan.
    d. Yang paling sedikit jumlahnya.

  4. Informasi yang tidak sesuai dengan isi teks adalah…
    a. Festival Budaya Nusantara diadakan setiap tahun.
    b. Alat musik gamelan dan angklung mengiringi tarian.
    c. Pengunjung hanya bisa melihat, tidak bisa mencoba pakaian adat.
    d. Festival ini juga sarana edukasi.

  5. Jika kamu ingin meringkas paragraf kedua, kalimat yang paling tepat untuk mewakili isinya adalah…
    a. Panggung utama dihiasi ornamen daerah dan menampilkan berbagai tarian.
    b. Festival budaya menampilkan berbagai tarian daerah dari Sumatera hingga Papua dengan iringan musik tradisional.
    c. Penonton terpukau melihat gerakan gemulai penari Jaipong dan Saman.
    d. Suara alat musik tradisional berpadu indah.

Soal Uraian:

  1. Tuliskan gagasan pokok dan tiga gagasan pendukung dari paragraf ketiga teks "Festival Budaya Nusantara"!
  2. Buatlah ringkasan singkat (dua kalimat) dari seluruh teks "Festival Budaya Nusantara"!

B. Soal Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Materi Pokok: Mengenal sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indra pendengaran.

Pilihan Ganda:

  1. Bunyi dihasilkan oleh benda yang…
    a. Diam
    b. Bergerak
    c. Bergetar
    d. Panas

  2. Berikut ini adalah contoh sumber bunyi, kecuali
    a. Gitar yang dipetik
    b. Gendang yang dipukul
    c. Batu yang diam di tanah
    d. Petir menyambar

  3. Bunyi dapat merambat melalui beberapa medium, yaitu…
    a. Benda padat, cair, dan gas
    b. Benda padat dan cair saja
    c. Benda cair dan gas saja
    d. Ruang hampa

  4. Ketika kita berteriak di dalam gua, suara kita akan memantul kembali dan terdengar berulang. Peristiwa ini menunjukkan bahwa bunyi dapat…
    a. Diserap
    b. Dipantulkan
    c. Dihilangkan
    d. Dibelokkan

  5. Benda-benda seperti busa, kain wol, dan karpet biasanya digunakan untuk meredam bunyi. Ini menunjukkan bahwa benda-benda tersebut bersifat…
    a. Pemantul bunyi
    b. Penghantar bunyi
    c. Penyerap bunyi
    d. Sumber bunyi

Soal Uraian:

  1. Jelaskan bagaimana proses terjadinya bunyi sehingga bisa didengar oleh telinga kita!
  2. Sebutkan tiga jenis medium perambatan bunyi dan berikan masing-masing satu contohnya!

C. Soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Materi Pokok: Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.

Pilihan Ganda:

  1. Indonesia memiliki banyak suku bangsa. Suku Bugis, Makassar, dan Toraja berasal dari provinsi…
    a. Sumatera Utara
    b. Sulawesi Selatan
    c. Jawa Barat
    d. Kalimantan Timur

  2. Rumah adat Honai adalah rumah tradisional dari daerah…
    a. Papua
    b. Bali
    c. Minangkabau
    d. Betawi

  3. Tari Saman yang terkenal dengan gerakan tepuk tangan dan tepuk dada berasal dari suku…
    a. Jawa
    b. Dayak
    c. Aceh
    d. Batak

  4. Berikut ini adalah salah satu manfaat dari adanya keragaman budaya di Indonesia adalah…
    a. Menimbulkan perpecahan antar suku.
    b. Membuat Indonesia dikenal dunia dan menarik wisatawan.
    c. Menyebabkan kesulitan dalam berkomunikasi.
    d. Membuat kita tidak perlu belajar budaya lain.

  5. Sikap yang tepat untuk menghadapi keragaman budaya di lingkungan sekitar adalah…
    a. Menganggap budaya sendiri paling baik.
    b. Menghina budaya orang lain.
    c. Menghargai dan mempelajari budaya lain.
    d. Menghindari berinteraksi dengan orang berbeda budaya.

Soal Uraian:

  1. Sebutkan tiga contoh keragaman budaya yang kamu ketahui di Indonesia!
  2. Jelaskan mengapa keragaman budaya merupakan kekayaan bangsa Indonesia!

D. Soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

Materi Pokok: Memahami makna dan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.

Pilihan Ganda:

  1. Semboyan bangsa Indonesia yang memiliki arti "berbeda-beda tetapi tetap satu jua" adalah…
    a. Tut Wuri Handayani
    b. Ing Ngarso Sung Tulodo
    c. Bhinneka Tunggal Ika
    d. Bersatu Kita Teguh

  2. Manfaat dari sikap toleransi dalam keberagaman adalah…
    a. Menimbulkan perselisihan.
    b. Membuat kita tidak peduli dengan orang lain.
    c. Menciptakan kerukunan dan kedamaian.
    d. Hanya menguntungkan satu pihak.

  3. Contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah adalah…
    a. Bermain hanya dengan teman yang satu suku.
    b. Membantu teman yang kesulitan belajar tanpa memandang latar belakang.
    c. Mengejek teman yang memiliki logat daerah berbeda.
    d. Tidak ikut kerja bakti membersihkan kelas.

  4. Ketika ada teman yang sedang beribadah sesuai keyakinannya, sikap kita seharusnya…
    a. Mengajaknya bermain agar tidak ketinggalan.
    b. Menghormati dan tidak mengganggu.
    c. Meminta dia cepat selesai.
    d. Mengolok-olok cara ibadahnya.

  5. Akibat jika tidak ada persatuan dan kesatuan di masyarakat adalah…
    a. Masyarakat akan hidup damai.
    b. Pembangunan akan berjalan lancar.
    c. Terjadi perpecahan dan konflik.
    d. Kehidupan menjadi lebih maju.

Soal Uraian:

  1. Jelaskan mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia yang beragam!
  2. Sebutkan tiga contoh sikap yang menunjukkan bahwa kamu menghargai keberagaman di lingkungan tempat tinggalmu!

E. Soal Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)

Materi Pokok: Mengenal berbagai alat musik tradisional dan tarian daerah.

Pilihan Ganda:

  1. Angklung adalah alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara…
    a. Dipukul
    b. Ditiup
    c. Digesek
    d. Digoyangkan

  2. Alat musik Sasando yang berasal dari Pulau Rote, NTT, dimainkan dengan cara…
    a. Dipetik
    b. Ditiup
    c. Digesek
    d. Dipukul

  3. Berikut ini adalah unsur utama dalam sebuah tarian, kecuali
    a. Gerak
    b. Musik pengiring
    c. Penonton
    d. Kostum

  4. Tari Kecak yang terkenal dengan formasi melingkar dan suara "cak-cak-cak" berasal dari daerah…
    a. Jawa Barat
    b. Bali
    c. Sumatera Barat
    d. Kalimantan Tengah

  5. Untuk melestarikan tarian daerah, kita dapat melakukan hal-hal berikut, kecuali
    a. Belajar menari tarian daerah.
    b. Menonton pertunjukan tari daerah.
    c. Menganggap tarian modern lebih baik dari tari daerah.
    d. Mengajarkan tari daerah kepada teman atau adik.

Soal Uraian:

  1. Sebutkan tiga jenis alat musik tradisional yang kamu ketahui beserta cara memainkannya!
  2. Mengapa kita perlu melestarikan tarian daerah? Jelaskan pendapatmu!

KUNCI JAWABAN

A. Bahasa Indonesia

Pilihan Ganda:

  1. b. Desa Sukamaju mengadakan Festival Budaya Nusantara.
  2. a. Panggung utama dihiasi ornamen daerah.
  3. a. Yang paling diminati atau menjadi daya tarik utama.
  4. c. Pengunjung hanya bisa melihat, tidak bisa mencoba pakaian adat.
  5. b. Festival budaya menampilkan berbagai tarian daerah dari Sumatera hingga Papua dengan iringan musik tradisional.

Soal Uraian:

  1. Gagasan Pokok: Pameran pakaian adat dan kuliner tradisional menjadi daya tarik utama di hari kedua festival.
    Gagasan Pendukung:

    • Pengunjung dapat mencoba berbagai pakaian adat.
    • Aroma sate padang, rendang, dan pempek Palembang menggoda selera.
    • Festival ini juga sarana edukasi untuk mengenal budaya bangsa.
  2. Indonesia kaya akan budaya yang dirayakan dalam Festival Budaya Nusantara di Desa Sukamaju. Festival ini menampilkan berbagai tarian, pakaian adat, dan kuliner tradisional, serta berfungsi sebagai sarana edukasi untuk mengenal dan mencintai keberagaman budaya bangsa.

B. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Pilihan Ganda:

  1. c. Bergetar
  2. c. Batu yang diam di tanah
  3. a. Benda padat, cair, dan gas
  4. b. Dipantulkan
  5. c. Penyerap bunyi

Soal Uraian:

  1. Bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar (sumber bunyi). Getaran dari sumber bunyi ini merambat melalui medium (padat, cair, atau gas) dalam bentuk gelombang bunyi. Gelombang bunyi ini kemudian ditangkap oleh telinga kita, menyebabkan gendang telinga bergetar, dan getaran ini diubah menjadi sinyal yang dikirim ke otak sehingga kita dapat mendengarnya.
  2. Tiga jenis medium perambatan bunyi:
    • Benda Padat: Contohnya, suara ketukan di meja dapat terdengar jika telinga ditempelkan pada meja tersebut.
    • Benda Cair: Contohnya, suara kapal motor di air dapat terdengar oleh penyelam di bawah laut.
    • Gas (Udara): Contohnya, suara percakapan kita sehari-hari merambat melalui udara.

C. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Pilihan Ganda:

  1. b. Sulawesi Selatan
  2. a. Papua
  3. c. Aceh
  4. b. Membuat Indonesia dikenal dunia dan menarik wisatawan.
  5. c. Menghargai dan mempelajari budaya lain.

Soal Uraian:

  1. Tiga contoh keragaman budaya di Indonesia:
    • Suku Bangsa: Suku Jawa, Sunda, Batak, Dayak, Minang, dll.
    • Rumah Adat: Rumah Gadang (Minangkabau), Joglo (Jawa), Honai (Papua), Tongkonan (Toraja).
    • Tarian Daerah: Tari Saman (Aceh), Tari Kecak (Bali), Tari Jaipong (Jawa Barat), Tari Piring (Minangkabau).
    • Pakaian Adat: Baju Bodo (Sulawesi Selatan), Kebaya (Jawa), Ulos (Batak).
    • Makanan Tradisional: Rendang (Sumatera Barat), Gudeg (Yogyakarta), Pempek (Palembang), Papeda (Papua). (Sebutkan 3 dari contoh ini atau contoh lain yang relevan)
  2. Keragaman budaya merupakan kekayaan bangsa Indonesia karena:
    • Menjadi identitas dan ciri khas bangsa yang unik di mata dunia.
    • Menarik wisatawan asing untuk datang, sehingga meningkatkan devisa negara.
    • Menjadi sumber ilmu pengetahuan dan pembelajaran bagi generasi muda.
    • Menciptakan toleransi dan saling menghargai antarwarga jika dikelola dengan baik.
    • Menambah khazanah seni dan tradisi yang tak ternilai harganya.

D. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

Pilihan Ganda:

  1. c. Bhinneka Tunggal Ika
  2. c. Menciptakan kerukunan dan kedamaian.
  3. b. Membantu teman yang kesulitan belajar tanpa memandang latar belakang.
  4. b. Menghormati dan tidak mengganggu.
  5. c. Terjadi perpecahan dan konflik.

Soal Uraian:

  1. Persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia yang beragam karena:
    • Indonesia memiliki banyak suku, agama, ras, dan budaya. Tanpa persatuan, akan mudah terjadi perpecahan dan konflik.
    • Persatuan adalah kunci untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
    • Dengan bersatu, kita dapat membangun bangsa menjadi lebih maju dan sejahtera.
    • Menciptakan lingkungan yang rukun, damai, dan saling membantu antarwarga.
  2. Tiga contoh sikap menghargai keberagaman di lingkungan tempat tinggal:
    • Ikut serta dalam kegiatan gotong royong tanpa membedakan suku atau agama tetangga.
    • Menghormati tetangga yang sedang menjalankan ibadah sesuai keyakinannya.
    • Menyapa dan berinteraksi dengan semua tetangga secara ramah, meskipun berbeda latar belakang.
    • Menghadiri undangan atau acara kebudayaan tetangga yang berbeda suku.
    • Tidak mengejek atau merendahkan adat istiadat tetangga. (Sebutkan 3 dari contoh ini atau contoh lain yang relevan)

E. Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)

Pilihan Ganda:

  1. d. Digoyangkan
  2. a. Dipetik
  3. c. Penonton
  4. b. Bali
  5. c. Menganggap tarian modern lebih baik dari tari daerah.

Soal Uraian:

  1. Tiga jenis alat musik tradisional dan cara memainkannya:
    • Angklung: Digoyangkan (asal Jawa Barat).
    • Gamelan: Dipukul (asal Jawa dan Bali).
    • Sasando: Dipetik (asal NTT).
    • Tifa: Dipukul (asal Papua).
    • Kolintang: Dipukul (asal Sulawesi Utara). (Sebutkan 3 dari contoh ini atau contoh lain yang relevan)
  2. Kita perlu melestarikan tarian daerah karena:
    • Tarian daerah merupakan warisan budaya leluhur yang tak ternilai harganya.
    • Sebagai identitas bangsa dan kekayaan budaya yang membanggakan.
    • Menarik wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.
    • Menjadi sarana edukasi dan hiburan yang mendidik.
    • Mencerminkan nilai-nilai luhur dan filosofi kehidupan masyarakat daerah tersebut.
    • Agar tidak punah dan dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Penutup

Demikianlah contoh soal dan kunci jawaban untuk Tema 1 Kelas 4 "Indahnya Kebersamaan" yang mencakup berbagai mata pelajaran. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi evaluasi, bagi orang tua untuk mendampingi belajar anak, dan bagi guru sebagai referensi pembelajaran.

Ingatlah, tujuan utama belajar bukan hanya mendapatkan nilai bagus, tetapi juga memahami esensi dari setiap materi. Tema "Indahnya Kebersamaan" mengajarkan kita bahwa perbedaan adalah anugerah yang harus kita syukuri dan jaga. Dengan saling menghargai dan bertoleransi, kita dapat menciptakan kehidupan yang harmonis dan penuh kedamaian. Teruslah semangat belajar dan jadilah generasi penerus bangsa yang cerdas, berbudaya, dan menjunjung tinggi persatuan!

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like these